Cara Membagi File Dengan Winrar

Adalah sebuah tool kompresi Winrar yang melengkapi dirinya dengan program split seperti itu. Sebelum cara ini anda lakukan dikomputer anda harus sudah terinstall program Winrar.

Cara untuk men-split (mememecah/membagi file) akan saya jelaskan langsung seperti contoh berikut ini. Kita akan mensplit program Robotik dengan ukuran 4,5 Mb.

1. Tentunya kamu harus punya aplikasi Winrar. Bila belum punya, silahkan Download Winrar

2. Setelah terdownload, restart PC atau laptop kamu

3. Siapkan dan sorot file yang akan di pecah (bila semua file diletakkan dalam folder, sorot folder tersebut) dan klik kanan

4. Pilih "add to archive"

5. Tentukan nama hasil file di bawah "archive name" dan dimana kamu akan meletakkan hasilnya dengan menekan "browse" (sebelah kanan "archive name"

6. "Archive format" saya sarankan pilihan RAR, jangan ZIP (boleh juga menggunakan zip)

7. Pilih "compression method" dengan "normal" atau "fast" atau pilihan yang lain. Tergantung kalian.

8. "Split to volumes, byte" adalah seberapa besar file yang akan kita pecah. Misalkan file kita ukurannya 600 MB dan kita setting "split to volumes" dengan 200 MB maka akan ada 3 file, misal file1, file2, file3. Ingat, "split to volumes" ukurannya adalah byte. 1000 Byte = 1 KB dan 1000 KB = 1 MB. Jadi bila kamu cuma mengisikan 1000000 tanpa ukuran (misalnya MB), maka otomatis akan terdeteksi sebagai 1 MB.

9. Sekarang klik "OK" dan biarkan Winrar bekerja

10. Sedikit saran, lebih baik kamu membagi file dengan ukuran yang tidak terlalu besar karena bila kamu meng-copy 600 MB (misal) yang terdiri dari 1 file akan memakan waktu lebih lama dari pada meng-copy sekaligus 600 MB yang terdiri dari 3 file (3 file masing - masing berukuran 200 MB).



Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply