Linux Mint 13 dikenal juga dengan nama Linux Mint Maya. Entah mengapa setiap rilis terbaru, para pengembang Linux Mint memberikan kode seperti nama wanita. Sebut saja dari Linux Mint 9, para developer memberikan kode Linux Mint Isadora.
Selanjutnya juga seperti itu. Ada Linux Mint Julia, Linux Mint Katya dan Linux Mint Lisa. Terakhir yaitu Linux Mint 13, diberi nama Linux Mint Maya. Mungkin para pengembangnya sedang mengkhayal sesuatu yang #AbsurdBanget. Xixixi…
Udah lah bercandanya. Back to topik. Hehehe…
Linux Mint 13 (Maya)  tersedia dalam 2 edisi yaitu Linux Mint 13 dengan desktop MATE 1.2 dan Linux Mint 13 dengan desktop Cinnamon 1.4.
Para developer Linux Mint sepertinya memberikan kebebasan kepada pengguna untuk memilih lingkungan desktop sesuai dengan kebutuhannya.

Desktop MATE 1.2 ditujukan bagi pengguna yang menginginkan lingkungan desktop yang stabil dan produktif. Sedangkan desktop Cinnamon 1.4 ditujukan bagi pengguna yang menginginkan lingkungan desktop modern yang tidak membosankan.
Kedua desktop tersebut memang dipilih oleh pengembang Linux Mint karena sangat terintegrasi dengan baik pada Linux Mint. Selain itu, kedua desktop tersebut merupakan suatu alternatif bagi pengguna yang telah terbiasa dengan lingkungan desktop Gnome 2.
Linux Mint 13 (Maya) ini merupakan Linux Mint versi LTS (Long Term Support) dan akan didukung sampai April 2017. Tuh, lama banget kan dukungan teknisnya 
Nah, daripada banyak bacot saya berikan sekilas info mengenai fitur terbaru Linux Mint 13 (Maya) ini. Yuk disimak…
  1. Desktop MATE 1.2
  2. Desktop Cinnamon 1.4
  3. Display Manager MDM
  4. Perbaikan Atwork
  5. Search Engine Default

Leave a Reply